Yang Nyebelin itu Ngangenin

Dari judulnya di atas memang dua hal tersebut bertentangan, tapi bukan berarti ga bisa berkaitan kan? Banyak ga sih hal-hal yang terjadi di kehidupan kita yang paradoks seperti ini? Kalau mau cerita, banyak kan kejadian-kejadian atau pengalaman yang saat kita alami memang terasa menyebalkan tetapi saat semua itu sudah lewat malah ‘ngangenin’?

Contohnya waktu SMA, saya masuk ke sekolah khusus perempuan yang cukup ternama di Jakarta. Ternama karena prestasinya dan tidak lupa disiplinnya. Sekolah yang didirikan pada awalnya untuk mendidik putri-putri bangsawan kolonial Belanda dan sampai sekarang dikenal dengan ‘penjara wanita’. hahaha. Lebay sih, tapi ya karena sistem pendidikan yang tegas itu banyak membuahkan alumnus yang baik. Gak jarang sih ngeluh begadang, takut kena marah guru matematika yang notorious, pelajaran yang sulit, dsb tapi justru banyak kenangan selama menghadapi semua kesulitan itu. Mulai dari ngakal-ngakalin guru, becandaan sama teman/guru, acara-acara sekolah yang seru di tengah kepenatan pelajaran, dll.

Lalu, selama kuliah S1 kemarin yang sukses bikin saya jadi kurus nan langsing haha. Praktikum yang banyak, beban mata kuliah yang kadang ga sebanding dengan jumlah SKS, persiapan tugas akhir sampai kelulusan, kesulitan-kesulitan akademik, tapi akhirnya berakhir dengan manis. Dan kenangan-kenangan lucu dan menegangkan selama berjuang di kuliah juga mewarnai perjalanan kemarin. Mulai dari teman-teman kuliah yang beragam, organisasi-organisasi yang saya ikuti selama kuliah, cerita-cerita yang turut melingkupi semuanya, jadi milestone tersendiri dalam perjalanan saya.

Hidup kan memang ga selalu di atas, ada kalanya kita berada di bawah. Semua pengalaman jelek atau bagus jadi pelajaran yang membentuk kita sekarang. Kekecewaan mengajarkan kita untuk ikhlas, ketidakadilan mengajarkan kita untuk bersabar, kesedihan mengajarkan kita untuk tegar. Toh saat semua kesulitan itu sudah dihadapi, kita bisa bangga sama pencapaian kita sendiri. Tersenyum karena belum menyerah pada saat berada di bawah. Makanya yang nyebelin itu ngangenin. Hihi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s