Jangan Sembarangan Pakai Lensa Kontak

Counter penjual lensa kontak bertebaran di pusat-pusat perbelanjaan, menawarkan penampilan menarik tanpa kacamata atau hanya untuk mempercantik warna mata. Tapi sayangnya, pengetahuan cara pemakaian dan penanganan lensa kontak yang benar tidak diketahui para pengguna kontak lens. Hal ini menyebabkan mereka sering kali mengeluh matanya perih, merah, kering dan lain-lain. Padahal pemilihan dan penggunaan yang tidak tepat dapat menyakiti mata, menyebabkan infeksi, bahkan kehilangan penglihatan. Bahaya yang seringkali tidak disadari para pengguna.

Pemilihan lensa kontak yang tepat

Ada berbagai macam produk yang dijual di pasaran tapi tidak semuanya itu memiliki kualitas yang baik. Lensa kontak yang baik harus dapat ditembus oleh oksigen untuk membantu mata untuk ‘bernafas’ dan mudah dibersihkan. Saya belum tau apakah BPOM RI sudah mengelompokkannya menjadi alat kesehatan yang harus terdaftar atau belum, tetapi sebaiknya kita melihat nomor registrasi alat kesehatan US-FDA untuk memastikan mutu produknya. Lebih baik bayar sedikit mahal untuk lensa kontak yang bermutu daripada untuk bayar operasi kornea. Karena saat ini banyak lensa kontak dengan harga murah untuk tujuan dekoratif, merubah warna mata atau memperbesar iris, yang tidak terdaftar. Dalam membeli lensa kontak sebaiknya dengan konsultasi dengan optisien. Mereka akan memeriksa mata serta dapat memilihkan lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan kamu, serta menjelaskan cara penggunaan yang tepat. Untuk mata minus, biasanya dipilih lensa kontak yang lebih rendah nilainya dibanding nilai minus kacamata atau nilai pemeriksaan mata. Jenis lensa kontak tergantung dari penggunaannya. Ada yang lensa kontak minus/plus/bifokal seperti kacamata, dekoratif seperti yang saja jelaskan di atas, disposable/sekali pakai, atau ada yang memang diresepkan untuk tujuan terapi mata. Penting  bagi pengguna untuk memelihara kuku pendek untuk mencegah lensa kontak tergores kuku.

Cara pemakaian

  • pasang lensa kontak dari mata kanan untuk mencegah tertukar (bagi yang menggunakan berbeda jenis lensa untuk mata kanan-kiri)
  • letakkan lensa pada ujung jari telunjuk dan pastikan berada dalam orientasi cekung yang benar
  • tangan yang lain menahan kelopak mata atas agar tidak mengedip
  • tarik kelopak mata bawah dengan jari lain pada tangan yang akan memasang lensa kontak
  • lihat ke atas dan letakkan lensa kontak pada bagian bawah mata
  • lepas kelopak mata dan tutup mata sejenak
  • kedip hingga lensa kontak berada di posisi tepat.
  • jika tidak nyaman dipakai, lepas lensa kontak dan cek apakah ada kerusakan atau pengotor. Bilas dengan cairan pembersih untuk dipakai lagi. Jika rusak, segera buang.
  • untuk melepas disesuaikan dengan urutan memakai
  • lihat ke atas dan tarik kelopak mata bawah.
  • sentuh bagian bawah lensa dengan telunjuk dan tarik ke daerah putih mata
  • lensa dicubit perlahan untuk dilepas.

Wadah penyimpanan harus selalu bersih

Pastikan wadah penyimpanan sudah dicuci hingga bersih dengan cairan pembersih lensa kontak, kering, tidak ada partikel (debu, serat, dll). Wadah penyimpanan yang lembab dan tidak bersih dapat menjadi sarang pertumbuhan kuman yang dapat mengiritasi mata. Wadah penyimpanan harus tertutup rapat, tidak ada retak, atau bocor.

Jaga kebersihan mata saat memegang lensa kontak

Cuci tangan sebelum memasang dan melepas. Tangan yang kotor merupakan sumber kuman, sehingga perlu dicuci dengan bersih sela-sela jari, kuku, telapak, punggung, hingga pergelangan tangan. Gunakan sabun antiseptik dan dikeringkan dengan lap. Pastikan tidak ada partikel serat, debu, yang menempel pada tangan.

Disiplin menggunakan sesuai waktu yang dianjurkan

Gunakan sesuai jangka waktu yang dianjurkan. Sudah disebutkan mengenai lensa kontak sekali pakai dan lensa kontak yang dapat digunakan selama 1 minggu/bulan/tahun. Gunakanlah sesuai waktu yang dianjurkan tersebut. Lensa kontak yang kadaluarsa, tidak lagi berfungsi dengan baik. Oksigen akan sulit masuk dan cairan sulit membasahi mata sehingga mata jadi kering, perih, dan mengganjal saat dipakai.

Maksimal penggunaan lensa kontak dalam sehari adalah 8 jam. Pemakaian terlalu lama menyebabkan kornea kekurangan oksigen, kering, sehingga lensa kontak dapat menggores kornea yang kering tersebut. Penggunaan tetes mata untuk membasahi hanya dapat membasahi lensa kontak.

Pakai cairan pembersih dan tetes mata yang khusus untuk lensa kontak

Cairan pembersih ini sudah diformulasikan khusus sebagai desinfektan kontak lens untuk membilas dan merendam, bukan untuk membasahi lensa kontak di mata. Saat membilas lensa kontak dengan cairan ini, jangan lupa untuk menggosok perlahan lensa kontak untuk menghilangkan protein yang menempel dari air mata. Tetes mata khusus lensa kontak diformulasikan untuk membasahi lensa kontak dan kornea agar mata tidak kering. Kalau terlalu mahal beli yang khusus lensa kontak, saya suka beli yang untuk mata kering karena saya lihat formulanya sama. Bukan yang untuk iritasi mata karena mengandung bahan aktif obat.

Gunakan cairan pembersih dan tetes mata sesuai waktu kadaluarsa dan durasi penggunaannya.

Sediaan mata dibuat agar tetap steril dengan menggunakan pengawet sehingga memiliki durasi penggunaan dan waktu kadaluarsa. Waktu kadaluarsa yang tertera pada kemasan menunjukkan tanggal kapan sediaan sudah tidak memenuhi jaminan standar kualitas lagi dalam kondisi tersegel utuh dari pabrik. Durasi penggunaan dihitung sejak tutup dibuka, sehingga rawan terinfeksi kuman. Untuk cairan pembersih volume besar (>360 mL) memiliki durasi penggunaan selama 3 bulan, sedangkan tetes mata hanya 1 bulan. Sehingga penting juga untuk menjaga kebersihan botol cairan pembersih dan tetes mata dengan tidak lupa langsung menutup kembali dengan rapat setelah digunakan dan ujung botol tidak boleh mengenai apa-apa.

Gunakan sediaan mata dengan benar

Untuk kamu yang suka bepergian, lebih baik membeli botol cairan pembersih volume kecil. Jangan memindahkan cairan dari volume besar ke dalam botol kecil karena mutunya tidak lagi terjamin sama seperti dalam botol besar. 

Cairan pembersih ini tidak bisa digantikan dengan air biasa atau bahkan dengan ludah. Cairan lain tidak dapat membersihkan dan membunuh kuman yang menempel, justru malah menambah kuman karena tidak steril.

Perhatian saat menggunakan lensa kontak

Jangan tidur saat masih menggunakan lensa kontak, karena mengganggu pergerakan bola mata saat tidur hingga meningkatkan pertumbuhan kuman yang berada dalam suhu nyaman sesuai dengan suhu tubuh.

Pilih lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan. Kalo kamu termasuk malas membersihkan, ya beli yang sekali pakai saja.Sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak jika kamu: sering mengalami infeksi mata, alergi berat, mata kering yang sulit diobati, bekerja di ruangan berdebu/beruap bahan kimia, atau tidak dapat menangani dan menjaga lensa kontak.

Memang lebih nyaman menggunakan lensa kontak dibanding kacamata, tetapi penanganannya tidaklah mudah. Salah-salah justru dapat membahayakan penglihatan.

Advertisements

One thought on “Jangan Sembarangan Pakai Lensa Kontak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s