Perjuangan Ide

Tulisan ini dibuat sebagai motivation letter dalam pencalonan sekjen PPI Belanda 2015/2016.

Bagi saya pribadi, berorganisasi adalah sarana aktualisasi diri karena dapat menjadi stimulan positif untuk selalu bergerak dan berpikir selain fokus terhadap akademik. Berpartisipasi aktif dalam suatu organisasi merupakan passion saya. Banyak motivasi yang dapat menjadi alasan seseorang dalam berorganisasi, tetapi bagi saya adalah mengemban tanggung jawab untuk melayani dan membantu orang lain.

Katalis saya untuk mencalonkan diri menjadi Sekretaris Jendral Perhimpunan Pelajar Indonesia di Belanda adalah semangat untuk mengabdi, melayani, dan memfasilitasi teman-teman dari tiap PPI kota agar dapat mengoptimalkan potensi mereka. Bahwa PPI Belanda tidak menjadi PPI kota kesekian atau event organizer semata, tapi dapat mengkolaborasikan sumber daya dan menjalin komunikasi yang efektif ke setiap PPI kota serta para stakeholder agar lebih terasa manfaatnya. Hal ini dapat dilakukan dengan adanya transparansi dan akuntabilitas kinerja pengurus yang dipantau secara efektif bersama para presidium dan pengurus demi tercapainya sistem kepengurusan PPI Belanda yang handal.

Tujuan utama saya datang ke Belanda adalah untuk menuntut ilmu sehingga dapat menyiapkan diri menjadi ahli dalam bidang keilmuan yang saya miliki dan dapat menerapkannya untuk pembangunan Indonesia di bidang kesehatan. Semangat ini saya rasakan ketika saya berkesempatan untuk menjalani kuliah di Institut Teknologi Bandung dengan mengambil jurusan Sains dan Teknologi Farmasi serta melanjutkan pendidikan profesi Apoteker. Menjadi seorang farmasis dan terlebih lagi seorang apoteker, membuat saya sadar bahwa apa yang saya lakukan terutama dalam membuat suatu sediaan obat hingga sampai ke tangan pasien, terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan keamanan dan manfaatnya. Suatu effort dan keinsyafan tersendiri yang ditanamkan dalam diri saya untuk peduli kepada orang lain. Saya percaya bahwa sebaik-baiknya orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Apalagi ditambah paparan aktivitas kemahasiswaan di ITB yang makin membuka wawasan saya bahwa terdapat banyak masalah dalam bangsa Indonesia dan keinginan saya untuk menjadi solusi bagi permasalahan-pernasalahan tersebut.

Dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa yang diselanggarakan oleh kepengurusan PPI Belanda 2014/2015, saya bertemu dengan banyak teman seperjuangan dalam menuntut ilmu di negeri kincir angin. Pertemuan dengan mereka membuat saya berpikir tentang potensi luar biasa kaum muda Indonesia yang sedang menempuh studi di Belanda. Namun potensi yang luar biasa tersebut belum dapat diaktualisasikan sepenuhnya. Terlebih lagi kedekatan saya dengan banyak teman dari berbagai bidang keilmuan di berbagai kampus terkemuka di negeri Belanda ini membuat saya merasa banyak sekali yang dapat saya lakukan di sini dengan bergerak di kepengurusan PPI Belanda.

Aneka pertimbangan dan adanya kesempatan ini, membulatkan tekad saya untuk mencalonkan diri menjadi Sekretaris Jendral Perhimpunan Pelajar Indonesia di Belanda agar dapat membawa PPI Belanda sebagai wadah berkarya, berkolaborasi, dan berekreasi dengan mengusung kontribusi yang kritis dan membangun. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran dan peran pelajar Indonesia dalam berkarya untuk Indonesia, menjadi mitra PPI kota dalam meningkatkan aktualisasi diri anggotanya, serta memfasilitasi dan menindaklanjuti aspirasi anggota

Bung Hatta pernah menyerukan, “Hanya ada satu negara yang pantas menjadi negaraku, ia tumbuh dengan perbuatan, dan perbuatan itu adalah perbuatanku.” Besar harapan saya bahwa niat baik dan perbuatan saya ini dapat diterima oleh semua anggota PPI Belanda dalam berkarya untuk masa kepengurusan 2015/2016.

Leave a Reply

